05.03 | Posted in
Jelang Lebaran, BAZDA Rembang
Salurkan Rp 293 Juta Bagi Dhuafa
KITA-REMBANG
Pemerintah Kabupaten Rembang, jelang lebaran 2010, melalui Badan Amil Zakat (BAZDA) Kabupaten Rembang telah menyalurkan dana sebesar Rp 293.241.306 kepada fakir miskin. Penyaluran tersebut diwujudkan dengan uang zakat sebesar Rp 200.000,00 kepada 178 fakir miskin dan 1.684 paket bantuan sembako yang terdiri dari 2 liter minyak goreng, 2 kg beras, dan 2 kg gula.
Menurut Ketua Badan Pelaksana BAZDA Kabupaten Rembang Hamzah Fatoni SH MKn, bahwa paket bantuan Sembako ini juga diantaranya diberikan di Desa Sendangcoyo Kecamatan Lasem, Karangsekar Kecamatan Kaliori, Segoromulyo Kecamatan Pamotan dan Sudo Kecamatan Sulang dengan menambahkan uang Rp 50.000,00 untuk 200 penerima bantuan paket sembako. “Pembagian Sembako kepada fakir miskin di Kabupaten Rembang ini dimaksudkan agar dapat membantu meringankan beban mereka, menjelang perayaan Idul Fitri,” jelas Fatoni.
Di samping itu, pihaknya juga membagikan 450 paket buka puasa pada 3 masjid di Kabupaten Rembang, yaitu Masjid Jami’ Kaliori, Masjid Jami’ Sulang dan Masjid Jami’ Pamotan. Kegiatan ini juga diikuti dengan pemberian santunan kepada 90 anak yatim piatu di wilayah sekitar. “Kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk memacu semangat warga Rembang dalam hal berinfaq dan bersedekah,” imbuh Fatoni.
Fatoni menambahkan, pada bulan Ramadlan BAZDA Kabupaten Rembang mengajak masyarakat untuk gemar berinfaq melalui gerakan infaq Ramadlan. Gerakan ini dianjurkan kepada seluruh lapisan masyarakat Rembang yang dikoodinir oleh Unit Pengumpul Zakat/Infaq RT/RW. “Kita manfaatkan momentum Ramadlan ini untuk menunaikan kebaikan dan kewajiban berupa zakat, wakaf, atau infaq, berbagi kebahagiaan dengan kaum dlu’afa, fuqara, masakin, aitam, dan korban bencana, dengan menyisihkan sebagian harta menjadi sodakoh,” lanjutnya.
Masih menurut Fatoni, BAZDA Kabupaten Rembang juga membagikan bantuan beasiswa kepada 1.053 siswa mulai tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Rembang mulai 1 Agustus hingga 1 September 2010. Bantuan beasiswa tersebut dapat diambil langsung di kantor BAZDA Kabupaten Rembang pada jam kerja dengan membawa persyaratan administratif yang telah ditentukan. “Program ini diharapkan dapat membantu meringankan beban orangtua siswa tidak mampu dalam mencukupi kebutuhan belajar,” pungkasnya. (Harti)
Category:
��

Comments

0 responses to " "